Berkah Mitra BankZiska di Kampung UMKM Bebas Rentenir

Di Akhir bulan Juni lalu berlangsung kajian rutin mitra BankZiska kluster Masjid Darul Arqam Jintap, Jetis, Ponorogo. Kajian yang dimulai sekitar ba’da Isya’ tersebut dipimpin langsung oleh Manager BankZiska Ponorogo Faruq Ahmad Futaqi. Dihadiri pula oleh Ust Sulistio, Budi Santosa selaku koordinator Relawan BankZiska Jintap, tim BankZiska dan segenap Relawan BankZiska lainnya.

Kajian rutin ini digelar setiap menjelang akhir bulan sekaligus berlangsung proses angsuran mitra BankZiska. Tidak hanya angsuran, kali ini terdapat dua kelompok mitra BankZiska yang melakukan pencairan pembiayaan. Mitra BankZiska disini telah dibiayai sebanyak 2-3 kali sebesar 500 ribu hingga 1 juta lima ratus ribu rupiah. Dengan harapan dapat mengentaskan mereka dari jeratan rentenir yang berkelanjutan.

Mitra BankZiska kluster masjid Darul Arqam cukup banyak kurang lebih 70 orang dengan beragam usaha mikro kecil. Antusiasme para mitra ini sangat luar biasa, hadirnya BankZiska dirasakan sangat membantu perekonomiannya. Bahkan beberapa mitra ada yang syukuran membawa nasi kotak untuk acara kajian tersebut.

Banyak cerita unik dan menarik disini, jalinan kebersamaan guyup rukun antar mitra membuat rasa persaudaraan semakin erat. Di Masjid Darul Arqam Jintap ini pula terbentuk Kampung UMKM Bebas Rentenir yang diresmikan oleh Bupati Ponorogo dan Ketua Lazismu Jawa Timur drh. Zainul Muslimin tepatnya bulan Ramadhan tahun lalu. Tidak terasa di kampung ini mitra BankZiska semakin berkembang, banyak pelaku usaha ultramikro yang bergabung di dalamnya.

Di sela-sela kajian berlangsung terdapat penyerahan banner kepada beberapa mitra BankZiska yang nantinya akan dipasang di tempat usaha mereka. Warung makan mendominasi usaha para mitra binaan BankZiska di Masjid Darul Arqam ini. Terdapat pula 2 mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Ponorogo yang mengikuti rangkaian acara tersebut untuk melakukan penelitian tentang kepuasan mitra terhadap pelayanan BankZiska. Tentu ini sangat menarik, meneliti persepsi mitra terhadap pelayanan BankZiska selama ini.

BankZiska tidak hanya memberikan pinjaman namun juga melakukan pembinaan dan pendampingan  terhadap para mitra sehingga mereka bisa benar-benar menjadi UMK yang Tangguh dan mandiri.

Similar Posts